Indonesian Community in USA: Middfest International 2009

Thursday, October 08, 2009

Middfest International 2009


Departemen Luar Negeri Republik Indonesia

"Middfest International 2009; Celebrate Indonesia" di Middletown Hasilkan Dana untuk Korban Gempa di Sumatera Barat


Rabu, 07 Oktober 2009

Festival seni budaya Middfest tahun ini mengambil tema "Middfest International; Celebrate Indonesia". Hal tersebut dikarenakan Indonesia terpilih sebagai "featured country" pada festival tahunan terbesar di Ohio, Amerika Serikat ini. Festival digelar di Gedung City dan Middletown Donham’s Plaza di Middletown, Ohio pada 2 – 4 Oktober 2009. Festival tahun ini diselenggarakan atas kerjasama Middfest dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Chicago dan dikunjungi oleh sekitar 75.000 pengunjung selama tiga hari. Inspirasi Middfest merayakan Indonesia diambil dari motto "Unity in Diversity" yang menggambarkan keragaman etnis, agama, adat dan budaya Indonesia dalam satu kesatuan dan persatuan. Festival ini mendapat sambutan hangat dari kalangan masyarakat AS di Ohio yang nampak antusias untuk lebih jauh mengenal Indonesia. Acara ini diliput secara besar-besaran oleh berbagai media cetak, elektronik, dan televisi Ohio.

Virginia Ritan, Direktur eksekutif Midfest International, menyatakan alasan dan tujuan Middfest menampilkan Indonesia sebagai ‘featured country’ tahun ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan apresiasi masyarakat Amerika Serikat tentang Indonesia, khususnya yang berdomisili di Ohio dan sekitarnya. Middfest mengundang Indonesia untuk bercerita tentang Indonesia melalui penampilan seni budaya, presentasi, dan seminar bisnis.

Middfest secara resmi dibuka pada tanggal 2 Oktober 2009 sore hari oleh Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Sudjadnan Parnohadiningrat dengan pemukulan gong. Acara ini dihadiri oleh tamu-tamu kehormatan, antara lain Walikota Middletown, Mayor Lawrence Mulligan, City of Middletown Manager, Judith Gilleland, President Aziotics, Larry Taylor, masyarakat Indonesia di Ohio dan masyarakat setempat.

Pada acara pembukaan dilakukan mengheningkan cipta untuk mendoakan ribuan orang korban gempa bumi di Sumatera Barat, Indonesia. Middfest mengumumkan pengumpulan dana sumbangan untuk korban gempa melalui kotak donasi yang disiapkan dan sumbangan dari sebagian hasil penjualan buku "Hike for Your Life" karya dua orang penulis terkenal di Middletown, Peter and Gudrun Seifert. Hasil donasi akan disalurkan melalui American Red Cross. Sekitar 100 orang tamu pejabat, artis penari dan pemusik Indonesia mengenakan Batik pada acara pembukaan terkait dengan ditetapkannya Batik sebagai "cultural heritage" oleh UNESCO. Di kalangan pengunjung nampak pula sebagian warga AS yang mengenakan batik.

Melalui penyelenggaraan acara Middfest ini Duta Besar RI untuk AS mengharapkan hubungan bilateral Amerika Serikat dan Indonesia dapat semakin ditingkatkan di segala bidang, khususnya dengan Middletown.

Selama tiga hari berturut-turut, Middfest menampilkan kemeriahan berbagai atraksi budaya Indonesia mulai dari tari-tarian dari berbagai pelosok nusantara antara lain tarian Jawa, Bali, Sumatera Utara, Kalimantan, Jakarta dan Sulawesi. pementasan gamelan Jawa dan Bali, pertunjukan wayang kulit, lagu-lagu daerah, fashion show pakaian daerah, hingga workshop batik quilt, tari, gamelan, dan wayang kulit, termasuk workshop mewarnai wayang dan membatik untuk anak-anak, dan cerita rakyat untuk anak-anak.

Middfest menampilkan pula pameran ilmu pengetahuan tentang flora dan fauna di Indonesia, pameran photo, pameran batik, pameran kerajinan tangan khas Indonesia, pameran keris, berbagai presentasi dan diskusi tentang Indonesia, serta pemutaran film Indonesia.

Pada sektor bisnis, masih dalam rangkaian Midfest, pada 2 Oktober 2009 dilangsungkan seminar dan pertemuan bisnis bertempat di hotel Manchester Inn, Middletown, Ohio yang menampilkan Duta Besar RI untuk AS, Sudjadnan Parnohadiningrat sebagai pembicara utama dengan topik "Comprehensive Partnership between Indonesia and the United States of America." Hal ini ditujukan untuk menjalin hubungan bisnis antara pebisnis Amerika, khususnya yang berada di Middletown dengan Indonesia. Dalam paparannya Duta Besar RI untuk AS mengatakan bahwa Presiden Obama dan Presiden RI, Soesilo Bambang Yudhoyono masih dalam pembicaraan untuk mematangkan kerjasama komprehensif yang meliputi bidang perdagangan, investasi, pendidikan, demokrasi, energi dan hubungan militer.

Middfest dibentuk pada tahun 1981 dengan tujuan untuk mempromosikan interaksi antar budaya dan ekonomi antara Midletown dan negara sahabat. Sejak saat itu secara bergantian tiap tahunnya Middfest menampilkan satu negara sebagai "featured country’, antara lain China, Belanda, Brazil, Mesir, Irlandia, India, dan pada tahun 2008 lalu menampilkan Mongolia. (sumber: KJRI Chicago).

Labels: , , , , ,

Links to this post:

Create a Link

<< Home